Cara Mengetahui OpenID Blog Kita

on 04.23

Cara Mengetahui OpenID Blog Kita

Sebenarnya ini adalah postingan ulang saya tentang Mengetahui OpenID Blog Kita pada Kompi Ajaib | All About Sharing. Sebenarnya saya bingung apa yang akan saya posting pada blog baru ini, sehingga saya me-repost dari blog saya yang lain, agar tampilan blog baru ini tidak "kedodoran" karena belum banyak postingan. Dengan tampilan yang "kedodoran" ini, saya bingung untuk menata ulang tampilan yang diberikan Maskolis agar sesuai dengan selera saya.

Sebelumnya saya tidak peduli ketika saya menjumpai kata "OpenID", yang biasa saya lihat ketika akan berkomentar pada sebuah blog. Namun kemarin setelah saya membaca sebuah postingan dari sobat blogger kita CaraGampang tentang OpenID, saya baru tersadarkan bahwa kita bisa menggunakan OpenID untuk berkomentar. Dan bagi kita yang menggunakan blogger khususnya, ketika kita membuat sebuah blog, maka blogger secara otomatis langsung memberikan kita OpenID.


Dimanakah kita bisa melihat OpenID yang diberikan blogger untuk blog kita? Sebenarnya khususnya saya sering melihatnya, namun karena belum tahu fungsinya dan memang tidak tahu apa itu OpenID, saya tidak menghiraukannya. Bagi yang belum tahu mungkin Anda juga sering melihatnya, coba Anda masuk ke Dashboard blog Anda, klik Setting dan lihat di bagian Others. Di situ nampak OpenID blog kita. Sebenarnya OpenID blog kita adalah URL blog kita sendiri (ternyata...he...he...)


Mungkin kini yang jadi pertanyaan yaitu "apa sih OpenID dan untuk apa fungsinya?". Secara sederaha yaitu dengan OpenID, Anda dapat masuk atau memberikan komentar pada berbagi situs dengan menegaskan identitas Anda ke situs-situs yang Anda kunjungi. Namun jangan khawatir, selain provider Anda, website tidak pernah melihat password Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang identitas Anda.

Bagi saya yang masih baru di blogger (newbie) karena memang juga baru mengetahui OpenID, fungsi dari OpenID yaitu untuk berkomentar pada postingan bloger-bloger lain, mengharap mendapat backlink dari blog tersebut. Jika sebuah blog mengizinkan name/URL untuk berkomentar, maka kita dengan mudah bisa berkomentar dengan Nama dan URL blog kita, namun jika sebuah blog tidak mengizinkan anonymous atau name/URL untuk berkomentar, kita bisa menggunakan OpenID blog kita sehingga kita tetap bisa menaruh link/URL blog kita pada komentar, namun tetap beretika. Kenapa saya bilang "beretika", saya sendiri banyak menjumpai komentar-komentar di blog saya sendiri maupun di blog lain dengan mencantumkan link blognya pada komentar (bukan pada identitas pengomentar) yang bisa dibilang numpang eksis sehingga berkesan tidak beretika. Dan yang tidak beretika lagi (menurut saya), dengan mencantumkan link hidup pada komentarnya. Padahal sudah jelas pada komentar disediakan name/URL aupun OpenID.

Sehingga dengan Mengetahui OpenID Blog Kita, diharapkan kita (seperti saya yang masih newbie) dapat belajar lebih beretika ketika memberikan sebuah komentar pada sebuah blog, dan imbalannya mungkin kita mendapat backlink dari blog tersebut.

Sumber: kompiajaib.blogspot.com

Do You Like This Game? Share This

Next Game
« Prev Game
Previous Game
Next Game »

Terima kasih sudah berkomentar
 
Support : Kompi Ajaib
Copyright © 2013. Cosuneko - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Edited by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger